PEMBERIAN IMUNISASI DT DAN TD ANAK SEKOLAH (BIAS) UPT SD NEGERI KEDUNGWUNGU 01 NOVEMBER 2022

SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Selasa, 22 November 2022 Pelaksanaan kegiatan pemberian imunisasi pada siswa Sekolah Dasar di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Binangun Blitar, yakni pemberian vaksin Difteri dan Tetanus (DT) dan vaksin Tetanus (Td) kepada siswa-siswi yang dilaksanakan di  Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Binangun oleh Puskesmas Binangun.




Pemberian kedua imunisasi ini dilakukan di sekolah-sekolaH yang ada di kecamatan Binangun untuk kelas 1, 2 dan 5Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Mengutip website https://dinkes.inhukab.go.id/batangperanap/struktur-organisasi Imunisasi DT dan TD nyatanya berbeda baik dilihat dari fungsi maupun penyebutannya sedikit sama. Imunisasi DT (diphteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi TD Td (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut. Kedua vaksin ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Namun, yang berbeda adalah waktu pemberian serta komposisi dosisnya.

Seluruh kegiatan pelayanan imunisasi bagi anak sekolah di SD se Kecamatan Binangun dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 baik bagi petugas maupun sasaran imunisasi.

0 komentar:

Posting Komentar