Kegiatan Penjelajahan Pramuka Skedsa Jaya

SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu sarana pencetak kader bangsa yang religius, terampil, mandiri, berkarakter dan memiliki semangat tinggi dalam menghadapi kehidupan di masa depan yang baik. Pramuka (Praja Muda Karana) sebagai sarana atau wadah bagi siswa untuk belajar mandiri, disiplin, berorganisasi dan belajar menjadi pemimpin yang baik. 


Salah satu kegiatan Kepramukaan adalah kegiatan penjelajahan. Kegiatan ini ditujukan agar anggota pramuka memiliki sikap religius, disiplin, mandiri, gotong royong, cinta alam dan terampil serta melatih fisik anggota Pramuka. Untuk itu kami sebagai Pembina Pramuka mengadakan kegiatan penjelajahan bagi siswa kelas IV s/d Vl periode 2022-2023.

Kegiatan penjelajahan yang bertajuk “Rovering To Be Leader” ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 September 2022 di kawasan hutan sekita UPT SD Negeri Kedungwungu 01. Tujuan penjelajahan ini adalah untuk melatih fisik, kerja sama tim dan kedisiplinan para siswa yang mengikuti kegiatan pramuka. Jumlah peserta penjelajahan sejumlah 30  siswa, yang terdiri dari siswa kelas IV s/d VI.

Sebelum melakukan penjelajahan, siswa dibagi menjadi 3 regu dan diminta untuk menuju ke pos-pos yang telah disediakan. Total ada 3 pos yang sudah disiapkan panitia. Pada setiap pos, setiap regu diberikan pertayaan tentang kepramukaan. Untuk bisa berlanjut ke pos berikutnya, regu tersebut harus bisa menjawab soal. Setibanya di pos terakhir, setiap regu istirahat dan makan bersama. DIlanjutkan dengan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pembina Pramuka, Dodik Kurniawan mengatakan, kegiatan penjelajahan ini dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan kepribadian, fisik, mental serta watak peserta penjelajahan


0 komentar:

Posting Komentar