This is default featured slide 1 title

Bapak Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 2 title

Rapat Virtual Kepala Sekolah dan Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar

This is default featured slide 3 title

Ujian Sekolah Berbasis Komputer yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VI UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 4 title

Ujian Sekolah Berbasis Komputer yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VI UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 5 title

Upacara Bendera dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022 yang dikuti oleh selurug warga sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Makna Logo UPT SD Negeri Kedungwungu 01 (Skedsa JAYA)

 Makna Logo UPT SD Negeri Kedungwungu 01 (Skedsa JAYA)




Logo UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dibuat oleh Bapak Rudi Hartono, S.PdI, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01 pada tanggal 18 Juli 2022. Logo ini memiliki makna:

1. Segi lima: melambangkakan 5 Sila Pancasila, 5 rukun Islam dan sholat 5 waktu

2. Segi lima berhiaskan kubah masjid melambangkan nilai-nilai religi, bisa juga dimaknai segi lima bermotif bunga yang melambangan keindahan dan keharuman nama lembaga

3. Warna emas pada garis segi lima melambangkan keindahan dan sesuatu yang sangat berharga

4. Warna dasar hijau melambangkan kesejukan, melambangkan alam yang hijau dan asri

5. Lingkaran melambangkan persatuan dan kesatuan 

6. Bintang memiliki makna Ketuhanan yang Maha Esa

7. Obor melambangkan pendidikan adalah Nur atau cahaya yang menerangi

8. Lingkaran berwarna warni melambangkan ke-bhineka-an

9. Buku dan pena melambangkan ilmu pengetahuan

10. Sayap melambangkan bawah dengan ilmu dan pendidikan akan membawa kita terbang meraih cita-cita dan masa depan

11. 3 buah lingkaran melambangkan olah raga dan kesehatan jasmani rohani

12. Warna dasar kuning keemasan melambangkan kemulian












Pertandingan Bola Volie Plastik Korwil Pendidikan Binangun 2022

 Pertandingan Bola Volie Plastik Korwil Pendidikan Binangun 2022.


SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada tanggal 27 Agustus 2022 bertempat di lapangan olah raga Desa Tawangrejo Kec. Binangun diselenggarakan pertandingan bola volie plastik yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan guru TK-SD Se-Korwil Pendidikan Kec. Binangun.


Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Dalam pertandingan bola volie tersebut digunakan aturan yang berbeda dengan pertandingan bola volie pada umumnya yaitu menggunakan bola plastik, jumlah pemain terdiri dari 4 orang, peserta putra dibatasi maksimal 2 orang.

Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Pada pertandingan bola volie tersebut team dari UPT SD Negeri Kedungwungu 01 mendapatkan nomor urut ke 2 melawan SD N Binangun 01, namun masih belum beruntung sehingga dalam babak penyisihan masih unggul SD Negeri Binangun 01

Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01 sedang mengikuti pertandingan bola volie

Team Volie Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Team Volie Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Panggung Hiburan dan Penyerahan Hadiah Lomba Agustusan 2022

Panggung Hiburan dan Penyerahan Hadiah Lomba Agustusan 2022


SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Berlangsung dengan meriah di halaman UPT SD Negeri Kedungwungu 01 - Binangun - Blitar pada hari Jum'at, 26 Agustus 2022 kegiatan  Panggung Hiburan dan Penyerahan Hadiah Lomba Agustusan 2022 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 kemarin.

Pada acara kali ini diserahkan berbagai hadiah hiburan kepada peserta lomba

Penyerahan hadiah hiburan bagi pemenang lomba

 yang telah memenangkan kegiatan perlombaan hari kemarin. Selain kegiatan penyerahan hadiah hiburan bagi pemenang lomba. Pada acara penyerahan hadiah ini juga diselenggarakan panggung hiburan. 

Siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 menyanyikan beberapa judul lagu

Penampilan salah satu siswi untuk menghibur peserta lomba

Panggung hiburan diisi dengan penampilan siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 - Binangun - Blitar dan Bapak/Ibu Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01 - Binangun - Blitar.

Lomba dan Bazaar Memeriahkan HUT RI ke 77 Tahun 2022

Lomba dan Bazaar Peringatan HUT RI ke 77

SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID. Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022 pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 di halaman UPT SD Negeri Kedungwungu 01 diselenggarakan berbagai macam lomba dan Bazaar.

Senam pagi bersama 

Kegiatan lomba diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 mulai kelas 1-6. Beraneka ragam lomba digelar, mulai lomba memecahkan balon dengan paku, lomba makan kerupuk, lomba memindahkan belut, lomba makan kerupuk, lomba memindahkan tepung secara estafet, dll.

Sebelum lomba2 dan Bazaar dimulai terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan senam pagi bersama, senam pagi diikuti oleh guru dan siswa siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01.

Lomba menusuk balon 


Selain aneka macam lomba yang digelar, juga dilaksanakan Bazaar oleh Paguyuban kelas, dan orang tua/wali murid UPT SD Negeri Kedungwungu 01. Bermacam-macam macam jenis makanan dan jajanan tradisional dijajakan di stan-stan yang ada di depan kelas masing-masing.

Stan Bazaar 


Anak-anak siswa siswi serta orang tua/wali murid berharap kegiatan seperti ini rutin digelar. Selain peringatan HUT RI juga diharapkan pada even acara tertentu juga diselenggarakan kegiatan semacam inilah.

Rapat Pembubaran Panitia Persami 2022

Rapat Pembubaran Panitia Persami 2022


SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Bertempat di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 pada hari Rabu 24 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan rapat pembubaran panitia Persami tahun 2022.



Hadir dalam kegiatan tersebut Kamabigus Pangkalan UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Kak Rudi Hartono, S.Pd, Kamabigus Pangkalan UPT SD Negeri Kedungwungu 02 Kak Tantri Novianto, S.Pd, dan Kamabigus Pangkalan UPT SD Negeri Kedungwungu  03 Kak Siti Kholipah, S.Pd juga hadir masing-masing pembina dari pangkalan masing-masing.

Dalam laporan pertanggungjawaban ketua panitia dialaporkan bahwa kegiatan Persami tahun 2022 berjalan dengan baik tak kurang suatu apapun, berlangsung dengan sukses meskipun tentu saja ada hal-hal yang perlu dievaluasi.


Kedepannya, kegiatan ini akan terus dilaksanakan bersama-sama agar Sekolah yang ada di Desa Kedungwungu bisa terjalin kerja sama dan hubungan silaturahim yang baik dan erat


Esktrakurikuler TIK

 Esktrakurikuler TIK UPT SD Negeri Kedungwungu 01











Komite Sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01

 Susunan Pengurus Komite Sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01


Ketua Komite Sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01


Rapat Sekolah, Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas UPT SD Negeri Kedungwungu 01


Paguyuban Kelas UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Paguyuban Kelas UPT SD Negeri Kedungwungu 01


SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Orang tua / wali murid UPT SD Negeri Kedungwungu 01 memiliki perkumpulan yang tergabung dalam Paguyuban Kelas. Paguyuban kelas Orang Tua/Wali Murid UPT SD Negeri Kedungwungu 01 memili pengurus yangt terdiri atas Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Keberadaan paguyuban kelas ini sangat penting karena sebagai perwakilan kelas yang menjembatani penyampaian aspirasi dan kerja sama dengan sekolah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di UPT SD Negeri Kedungwungu 01

 




Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Komputer, laptop, dan smartphone yang kita gunakan sehar-hari ini yang selalu tak terpisahkan dari kebutuhan dan kehidupan kita di abad 21 ini telah melalui perkembangan yang sangat panjang. Perangkat teknologi yang kita gunakan saat ini telah mencapai perkembangan yang luar biasa hingga menjadi secanggih ini.

Berikut kami sajikan sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa, yang mana artikel ini kami kutip dari KOMPAS.COM

Komputer adalah perangkat elektronik yang dijadikan alat untuk membantu atau meringankan pekerjaan manusia. Dengan adanya komputer, kita bisa melakukan berbagai perhitungan matematis yang rumit, menyimpan berbagai data, menulis secara digital, mencari informasi secara mudah, dan sebagainya. Yang pasti, berkat adanya komputer kita tak lagi melakukan banyak hal secara manual, yang pastinya banyak menyita waktu dan tenaga. Bisa menjadi begitu canggih seperti sekarang ini, sebenarnya bagaimanakah sejarah perkembangan komputer?


Sumber gambar: kompas.com

Sejarah perkembangan komputer Sebagaimana dikutip dari Britannica, akar dari keberadaan komputer saat ini, atau nenek moyang komputer, bisa dikatakan adalah sempoa. 

Hal ini karena sempoa adalah alat awal yang diciptakan untuk digunakan menyelesaikan soal hitung-hitungan. Meski demikian, Charles Babbage, adalah orang yang kerap disebut sebagai penemu komputer modern pertama. Babbage adalah pendesain mesin analitik pertama selama tahun 1830-an. 

Dikutip dari Infoplease, dalam perkembangan selanjutnya muncul sosok Vannevar Bush yang merupakan orang yang membangun perangkat penganalisis diferensial pada tahun 1930. 

Ciptaan Vannevar tersebut adalah komputer analog serba guna pertama yang dioperasikan secara mekanis. Selanjutnya perangkat komputasi digital elektronik pertama dibuat pada tahun 1939 oleh John Atanasoft.

Pada tahun 1943, Conrad Zuse membangun Z3 yang merupakan komputer elektromekanis. Perkembangan lanjutan komputer berikutnya adalah saat masa Perang Dunia II di mana Colossus dikembangkan untuk memecahkan kode Inggris. Alat tersebut adalah komputer digital elektronik pertama yang bisa diprogram. 

Tahun 1944, Howard Aiken membuat mesin pertama yang bisa melakukan perhitungan panjang secara otomatis yang disebut dengan Automatic Sequence Controlled Calculator. 

Adapun komputer digital elektronik serba guna pertama yakni ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) diselesaikan pada tahun 1946 oleh Universitas Pennsylvania. Alat tersebut dibuat memakai ribuan tabung vakum.

Pada tahun 1951 lahirlah UNIVAC (Universal Automatic Computer) yang merupakan komputer pertama yang bisa menangani data numerik dan alfabet yang dijadikan komputer komersial pertama yang dijual secara luas. 

Wujud komputer pada perkembangan selanjutnya menjadi lebih ringkas setelah ditemukannya transistor pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Selanjutnya komputer kembali mengalami perkembangan yakni menggunakan mesin sirkuit terpadu pada sekitar tahun 1960-an sampai 1970-an dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan andal. 

Tahun 1970 sampai 1990-an semakin banyak pengembangan komputer menggunakan mikroprosesor sehingga kemudian terwujudlah komputer yang semakin kecil dan kuat. 


Adapun tahun 1975, Bill Gates dan Paul Allen sebagaimana dikutip dari LiveScience, membentuk Miscrosoft. Sedangkan Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple Computer di tahun 1976. 

Komputer pribadi pertama dirilis oleh IBM pada tahun 1981 menggunakan sistem operasi MS-DOS. Tahun 1984, Apple Macintosh kemudian diluncurkan, dan setahun setelahnya Microsoft merilis Windows. Selanjutnya, World Wide Web diresmikan tahun 1990 yang semakin mendorong pertumbuhan komputasi lebih lanjut.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/23/090000165/sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa?page=all 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/23/090000165/sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa?page=all.

Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Inten Esti Pratiwi

Mengenal Kitab-kitab Fiqih Perbandingan Madzhab

Para santri tingkat awal belajar fiqih melalui kitab kecil seperti Safinah dan Taqrib. Ini kitab fiqih berdasarkan mazhab Syafi'i. Baru kemudian meningkat pada kitab syarh-nya seperti Kasyifatus Saja dan Fathul Qarib. Seiring naik tingkat, para santri akan mengenal kitab fiqih Syafi'i kelas menengah seperti Fathul Mu'in dan syarhnya seperti I'anah. Lanjut kemudian dengan kitab fiqih babon mazhab Syafi'i seperti Minhaj-nya Imam Nawawi. Dengan asumsi dasar-dasar fiqih Syafi'i sudah kokoh, para santri senior kemudian dikenalkan dengan keragaman pendapat di luar mazhab Syafi'i. 



Di bawah ini saya tuliskan sedikit catatan mengenai sejumlah kitab fiqih yang merangkum 4 mazhab fiqih: Syafi'i, Maliki, Hanafi dan Hanbali. Di luar 4 mazhab juga ada mazhab lain seperti Zhahiri, Jafari, Zaidi dan mazhab lain yang sudah tak ada pengikutnya lagi seperti Abu Tsaur, Auza'i, Thabari. Di luar itu juga masih ada opini lain dari individual ulama yang kadang kala berbeda dengan pendapat mazhabnya. Namun sekarang kita fokuskan saja dulu ke-4 mazhab. Yang saya cantumkan ini adalah kitab yang merangkum 4 mazhab, bukan kitab yang ditulis oleh ulama mazhab tertentu yang kemudian mencantumkan dan mengomparasikannya dengan mazhab lain--kitab kategori ini misalnya al-Mughni Ibn Qudamah, al-Majmu' Imam Nawawi atau Hasyiah Ibn Abidin.


Sumber: https://islam.nu.or.id/fiqih-perbandingan/mengenal-kitab-kitab-fiqih-perbandingan-mazhab-Hdsxr

Pertama, kitab Rahmatul Ummah fi Ikhtilafil A'immah. Ini kitab fiqih yang merangkum pendapat dari keempat mazhab. Disusun berdasarkan bab fiqih standar. Tidak ada pencantuman dalil, diskusi maupun pandangan penulisnya. Ini hanya merangkum saja. Tidak lebih. Fungsinya hanya membantu kita mengetahui adakah perbedaan pendapat dalam satu kasus. Judul kitab ini menyifatkan pesan khusus bahwa perbedaan pendapat fiqih para imam mazhab itu adalah rahmat untuk umat. Kitab ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. 

Kedua, kitab al-Mizanul Kubra. Biasanya dicetak bareng dengan Kitab Rahmatul Ummah (pada hamisy atau pinggir). Dalam kitab ini sudah ada penjelasan singkat terhadap pendapat yang dirangkum, bahkan Imam Sya'rani pengarang kitab al-Mizanul Kubra ini juga memaparkan pandangannya dengan memberikan pertimbangan mana pendapat fiqih yang ringan dan mana yang berat untuk dilaksanakan. Rasanya belum ada kitab terjemahnya dalam bahasa Indonesia (CMIIW). 

Ketiga, kitab Bidayatul Mujtahid karya Ibn Rusyd. Di pesantren modern seperti Gontor kitab ini dibaca oleh para santri senior, namun di pesantren salaf tidak semuanya mengajarkannya. Kitab ringkas 4 juz ini bukan saja merangkum perbedaan pendapat tapi juga menjelaskan sebab perselisihannya. Dalil juga dicantumkan hanya saja cukup terbatas. Saya rekomendasikan untuk membaca juga kitab Syarh-nya yang menjelaskan lebih detil mengenai dalil yang dicantumkan Ibn Rusyd. Maklum saja kitab ini memang sekedar permulaan saja (bidayah). Anda tidak bisa mengklaim sebagai mujtahid hanya karena membaca kitab ini. Kitab ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. 

Keempat, kitab yang lebih luas dari Bidayatul Mujtahid adalah kitab al-Fiqh 'ala Mazahabil Arba'ah. Kitab 5 jilid ini disusun oleh Abdurrahman al-Jaziri. Kitab ini sudah ada di aplikasi android (arab). Saya pernah lihat terjemahannya juga sudah ada di Gramedia. Pembahasannya lebih kengkap dari ketiga kitab di atas. 

Kelima, kitab al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah disebut-sebut sebagai yang paling lengkap merangkum opini 4 mazhab. Ditulis oleh kumpulan para ulama yang disponsori oleh pemerintah Kuwait. Terdiri dari 45 jilid yang pembahasannya berdasar alfabet arab. Jelas ini memudahkan untuk mencari topik pembahasan. Anda cukup mencari kata kunci dan melacaknya berdasarkan huruf hijaiyah. Tentu ini berbeda dengan kitab fiqih standar yang berdasarkan topik dan selalu dimulai dengan pembahasan masalah thaharah. Di bagian akhir kitab ensikopledia fiqih Kuwait ini memasukkan info mengenai nama dan bio singkat para fuqaha. 

Corak pembahasannya: setelah mengurai defenisi, kemudian menyebutkan persoalan pokok dalam entry fiqih yang sedang dibahas, setelah itu menyebutkan perbedaan pandangan para ulama yang diurai dengan sistematis berikut masing-masing dalilnya. Kelemahannya adalah tidak adanya diskusi maupun analisis perbandingan. Sedari awal ini disadari oleh penyusunnya dan itulah sebbanya mereka memilih judul mausu'ah atau ensiklopedia. 

Keenam, tentu masih ada kitab fiqih muqarin (perbandingan) lainnya seperti karya Syekh Wahbah al-Zuhaili yang berjudul al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu yang isinya 9 jilid dengan jilid ke-10 berisi index dan maraji'. Syekh Wahbah al-Zuhaili juga menulis Mausu’ah Al-Fiqh Al-Islami wa Al-Qadhaya Al-Mu’ashirah (14 jilid). Syukur alhamdulillah kedua kitab fiqih modern ini sudah bisa diunduh di internet. 

Demikian sedikit penjelasan mengenai kitab fiqih perbandingan mazhab. Karakter fiqih itu memang membuka ruang perbedaan pendapat. Jadi tidak perlu kafir-kafiran gegara beda pendapat. Gak perlu mem-bully ulama yang punya fatwa berbeda. Semua Imam Mazhab punya fatwa yang dianggap nyeleneh atau kontroversial. Sekadar menyebut beberapa contoh saja:  

Imam Syafi'i bolehkan anak hasil zina dinikahi oleh "bapak" biologisnya karena nasab disandarkan ke ibunya. Apa kita berani bilang Imam Syafi'i itu Yai Zina? Memangnya kita siapa dibanding beliau? 

Imam Malik mengatakan anjing itu suci, tidak najis. Ini beda dengan mazhab lainnya. Apa berani kita nyinyiri beliau dengan membully mengatakan beliau itu Yai Anjing? Na'udzubillah. 

Imam Abu Hanifah membolehkan minum nabidz dalam kadar tidak memabukkan. Mazhab lain mengharamkan. Apa kita berani komen beliau itu Yai Tukang Minum? Kacau kan! 

Imam Ahmad mengatakan batal wudhu sehabis makan daging unta, mazhab lain mengatakan tidak batal. Apa berani kita nyindir beliau itu Yai Unta? Ngawur banget kita! 

Imam Dawud al-Zhahiri bilang lemak/tulang babi tidak haram, yang haram cuma dagingnya. Mazhab lain membantah dengan keras. Tapi tidak ada ulama mazhab lain yang mencaci maki beliau dengan sebutan Yai Babi! Gak sampai segitunya. 

Semua ulama fiqih itu sebelum mengeluarkan fatwa akan memeriksa dalil dan kaidah usul al-fiqhnya dulu. Lha kita bisanya cuma nyinyir. 

Jumhur ulama juga belum tentu benar pendapatnya. Kebenaran dalam Islam ditentukan lewat kekuatan dalil bukan banyak-banyakan jumlah pengikut, apalagi pakai turun ke jalan dan teriak "bunuh-bunuh". 

Fatwa itu tidak mengikat. Sebagai contoh, kalau tidak cocok dengan fatwa Kiai Ma'ruf Amin, boleh pilih fatwa Gus Mus. Gak cocok dengan Gus Mus, pilih fatwa Mbah Moen. Mau pilih pendapat saya juga boleh, hehehe. 

Karakter fiqih itu memang meniscayakan beda pendapat. Tak usah memaksakan pendapat. Semua ulama punya rujukan dan argumen. Semakin kita luaskan bacaan kita dengan membaca kitab fiqih perbandingan mazhab akan semakin toleran kita menyikapi keragaman pendapat. Yang suka memutlakkan pendapatnya atau pendapat ulama yang diikutinya itu bisa ditebak belum luas wawasan dan bacaannya. OK, jelas yah?! Nadirsyah Hosen, Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia - New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School

Sumber: https://islam.nu.or.id/fiqih-perbandingan/mengenal-kitab-kitab-fiqih-perbandingan-mazhab-Hdsxr

Santunan Anak Yatim-piatu 2022 Korwil Pendidikan Binangun

 Santunan Anak Yatim-Piatu 2022 Korwil Pendidikan Binangun 


SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Berlangsung di Korwil Pendidikan Kecamatan Binangun pada Sabtu, 20 Agustus 2022 kegiatan santunan kepada anak yatim piatu se Korwil Pendidikan Kecamatan Binangun kabupaten Blitar.

Dalam kegiatan santunan anak yatim piatu di Korwil Pendidikan Binangun diberikan santunan kepada anak-anak siswa-siswi SD se Korwil Pendidikan Binangun sejumlah 113 anak yatim piatu yang ada di Korwil Pendidikan Binangun.


Selain kegiatan santunan dalam acara tersebut juga diisi sejumlah acara seperti hadrah, penampilan seni islami lainnya dan juga tausiyah dari mubaligh yaitu Bapak Ustadz Mahmud dari Sutojayan.


Hadir dalam kegiatan ini Bapak Miftahudin, M.PdI selaku Pengawas PAI Korwil Pendidikan Binangun, kepala sekolah se Korwil Pendidikan Binangun dan Guru PAI Korwil Pendidikan Binangun.


Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 UPT SD Negeri Kedungwungu 01



SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID. Bertempat di halaman UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Bapak Rudi Hartono, S.PdI, S.Pd  memimpin pelaksanaan upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada hari Rabu, 17 Agustus 2021 di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Kec. Binangun Kab. Blitar.

Upacara bendera dalam HUT Kemerdekaan RI ke 77 di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 ini diikuti oleh seluruh guru dan siswa siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01. Pelaksanaan upacara dimulai pukul 07.00WIB.

Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01 sebagai inspektur upacara 


Pengibaran bendera merah putih 

Pembacaan Teks Naskah Pancasila 


Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dalam amanatnya menyampaikan tentang pentingnya meneladani para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah untuk berjuang memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.


Persami HUT Pramuka 2022 UPT SD Negeri Kedungwungu 01

 SDNEGERIKEDUNGWUNG01.SCH.ID Sabtu s.d Ahad 13-14 Agustus 2022 dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022 bertempat di UPT SD Negeri Kedungwungu 02 diselenggarakan kegiatan Persami (perkemahan Sabtu Minggu.

Apel Pembukaan Persami 

Persiapan Kegiatan Penjelajahan 


Kegiatan Persami ini diikuti oleh seluruh anggota Pramuka dari Pangkalan Gugus Depan UPT SD Negeri Kedungwungu 01, UPT SD Negeri Kedungwungu 02 dan UPT SD Negeri Kedungwungu 03.

Aneka permainan tradisional 

Kegiatan penjelajahan 


Kegiatan Persami ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pendirian tenda, apel, penjelajah, halang rintang, berbagai permainan kepramukaan, api unggun, renungan malam, dan berbagai kegiatan kepramukaan lainnya.

HUT Pramuka ke 61 14 Agustus Tahun 2022

 HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022

SDNKEDUNGWUNGU01.SCH.ID Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022 UPT SD Negeri Kedungwungu 01 bersama dengan UPT SD Negeri Kedungwungu 02 dan UPT SD Negeri Kedungwungu 03 akan menyelenggarakan kegiatan Persami. 

Kegiatan persami ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus 2022 hingga 14 Agustus 2022 yang bertempat di UPT SD Negeri Kedungwungu 02. Sebagai persiapan pelaksanaan persami, siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 yang mengikuti kegiatan persami diberikan berbagai pelatihan-pelatihan dasar seputar kepramukaan oleh pembina dan pendamping Pramuka UPT SD Negeri Kedungwungu 01.



Dalam kegiatan persami rencananya akan ada berbagai kegiatan seperti upacara peringatan HUT Pramuka, penjelajahan, lomba yel-yel, lomba smaphore, dan kegiatan api unggun serta kegiatan renungan malam.

Lomba Memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022

 Lomba Memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022


SDNKEDUNGWUNGU.SCH.ID Dalam rangka Memperingati HUT RI ke 77 Tahun 2022 UPT SD Negeri Kedungwungu 01 menyelenggarakan kegiatan-kegiatan antara lain:

1. Bazhar oleh Komite Sekolah, orang tua/wali murid dan masyarakat sekitar UPT SD Negeri Kedungwungu 01

2. Lomba-lomba permainan tradisional oleh anak-anak siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 

3. Doa bersama seluruh warga sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01



Kegiatan terserbut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 bertempat di halaman UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Kec. Binangun Kabupaten Blitar.

Perayaan Tahun Baru Islam 1444H

 Perayaan Tahun Baru Islam 1444H


SD Negeri Kedungwungu 01.  Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT UPT SD Negeri Kedungwungu 01 merayakan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah 1444H/2022M. Dalam kegiatan tersebut UPT SD Negeri Kedungwungu 01 menyelenggarakan kegiatan seperti:

=> Pembacaan ayat suci Al-Quran
=> Istighotsah
=> Tahlil
=> Taushiyah
=> doa bersama






Pembacaan ayat suci Al-Quran dilakukan oleh siswa-siswa UPT SD Negeri Kedungwungu 01, sedangkan untuk istighotsah, taushiyah dan doa bersama dibimbing dan dipimpin oleh Guru PAI UPT SD Negeri Kedungwungu 01 yaitu Bapak Fauzi, S.PdI.


Seluruh rangkaian kegiatan diikuti oleh siswa-siswi SD Negeri Kedungwungu 01 dengan khusyu', setelah selesai semua rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama dengan makanan khas "suro-an" yang di bawa oleh siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dari rumah masing-masing.