This is default featured slide 1 title

Bapak Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 2 title

Rapat Virtual Kepala Sekolah dan Guru UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar

This is default featured slide 3 title

Ujian Sekolah Berbasis Komputer yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VI UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 4 title

Ujian Sekolah Berbasis Komputer yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VI UPT SD Negeri Kedungwungu 01

This is default featured slide 5 title

Upacara Bendera dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022 yang dikuti oleh selurug warga sekolah UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Sarasehan Saber Pungli PGRI Kabupaten Blitar

 Blitar. Bertempat di Gedung Serbaguna Pemkab. Blitar pada hari Selasa, 28 Juni 2022 PGRI mengadakan kegiatan Sarasehan yang bertema "Saber Pungli". 



Dalam sarasehan tersebut yang menjadi narasumber dari Inspektorat Kabupaten Blitar, Kejaksaan Negeri Blitar, dan Polres Blitar, dan yang bertindak sebagai moderator adalah Wiji Asrori, S.Pd.,M.Pd atau biasa dikenal dengan nama Alwi Maulana.



Kegiatan Sarasehan ini ditujukan agar Guru dan Kepala Sekolah anggota PGRI kabupaten Blitar memahami tentang hukum, dan tentang perlindungan hukum bagi anggota PGRI dalam menjalankan tugasnya.

Verval Dapodik Sekolah se Kecamatan Binangun dan Kesamben

 Kesamben. Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar menyelenggarakan verval Dapodik di Aula Kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Kesamben pada Senin, 27 Juni 2022. Kegiatan verval Dapodik ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan Operator Sekolah dari Sekolah Dasar se Kecamatan Kesamben - Binangun .



Dalam kegiatan tersebut data pendidik/tenaga kependidikan di cek dan dicocokkan kondisi nyata dengan database yang ada di dapodik. Sekolah didata kelebihan dan kekurangan guru/tenaga kependidikan masing-masing lembaga.



Guru, Karyawan dan Siswa Siswi SD Negeri Kedungwungu 01 Bahu Membahu Gotong Royong Membersihkan Lingkungan Sekolah


Guru, Karyawan dan Siswa Siswi SD Negeri Kedungwungu 01 Bahu Membahu Gotong Royong Membersihkan Lingkungan  Sekolah 


Kedungwungu, Sabtu, 25 Juni 2022 hari


terakhir masuk menjelang liburan semester 2 guru, karyawan dan siswa siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 melaksanakan giat gotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Semua warga sekolah nampak semangat dalam melaksanakan kegiatan ini. Ada yang membersihkan kelas, membersihkan halaman, membersihkan tanaman liar di sekitar lingkungan sekolah.


Beberapa guru dan siswa juga nampak membersihkan ruangan yang akan digunakan untuk kantin, koperasi, UKS dan perpustakaan yang selama pandemi Covid19 mangkrak dan kurang terawat.












 

Praktik Jual Beli Siswa Siswi Kelas II

UPT SD Negeri Kedungwungu 01 - Pagi hari di depan kelas II tak seperti biasanya, hari ini Kamis, 23 nampak ramai tak seperti biasanya. Di depan ruang kelas II ada kegiatan praktik jual beli. Anak-anak ada yang menjual berbagai jajanan seperti nagasari, kue lapis, kue kukus, dan lain sebagainya.


Siswa siswi dari kelas lain nampak antusias membeli jajanan yang dijual. Dengan didampingi oleh guru kelas II siswa siswi kelas II menjajakan dagangannya.

Siswa-siswi membeli jajanan pasar 


Jajanan pasar yang dijual 
Mereka nampak antusias melakukan kegiatan transaksi jual beli 


MENGENAL KOLONI LEBAH MADU

 

MENGENAL KOLONI LEBAH MADU

Lebah madu adalah serangga sosial kaya manfaat, semua yang dihasilkan oleh lebah madu dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Dalam klasifikasi dunia binatang, lebah dimasukkan dalam ordo Hymenoptera yang artinya “sayap bening”. Dalam ordo ini terdapat 100.000 species serangga, termasuk lebah, tawon, semut dan rayap.

Didunia ada 7 species lebah madu yang sudah diketahui, yaitu : Apis dorsata, Apis Laboriosa, Apis Mellifera, Apis Florea, Apis Andreniformis, Apis Cerana dan Apis Koschevnikovi. Akhir-akhir ini ditemukan lagi species lebah madu baru yaitu Apis Nigrocincta di Sulawesi dan Apis Nuluensis di Kalimantan. Dengan ditemukannya dua species baru, jenis lebah yang telah dilaporkan ada sembilan.


Apis Dorsata (lebah raksasa, lebah hutan, tawon gung, odeng, madu sialang) adalah lebah madu yang hidupnya masih liar. Lebah madu ini masih sulit dibudidayakan karena selain sifatnya yang agresif dan galak, lokasi tempat sarangnya sering berada di tempat yang sangat tinggi. Sarangnya bisa ditemukan tergantung di cabang pohon, loteng, atau bukit batu yang terjal. Satu koloni menghuni sebuah sisiran yang ukurannya bisa sangat besar. Pada satu pohon bisa terdapat 5 – 10 koloni. Produk utama Apis Dorsata adalah madu dan malam dengan produksi madu mencapai 10 -20 kg per koloni per panen. Bahkan, dari sarang yang besar produksinya bisa mencapai 30kg. Madu yang dihasilkan dinamakan madu hutan.

Lebah berwarna hitam ini dapat tinggal di dataran 0 – 1000 meter dpl dan hanya berkembang di kawasan subtropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan negara-negara Asia lainnya.


Madu Hutan disebut juga madu Multiflora, karena terbuat dari bermacam-macam bunga tanaman yang berlainan. Umumnya Madu Hutan berwarna coklat kehitaman, hal ini karena Madu Hutan banyak mengandung MINERAL, ENZIN DAN BERBAGAI ZAT BERMANFAAT LAINNYA yang lebih lengkap bila dibandingkan dengan jenis Madu lain yang warnanya lebih terang.

KEHIDUPAN KOLONI LEBAH

Lebah madu selalu hidup berkoloni, rata-rata setiap koloni berkisar 60-70 ribu lebah dalam satu sarang. Walaupun populasi yang demikian padat, lebah mampu melakukan pekerjaannya secara terencana dan teratur rapi.

Didalam sarang lebah, terdapat:
  • Ratu lebah (Queen Bee)
  • Lebah jantan (Drones)
  • Lebah Pekerja :
    • Lebah perawat (Nurse Bees)
    • Lebah pencari (Scout Bees)
    • Lebah pengumpul (Collector Bees)

Fase telur
(3 hari)

Sang ratu meletakkan sebutir telur di bagian dasar tiap-tiap sel. Posisi telur berada di tengah sel de-ngan salah satu ujungnya melekat pada dasar sel.
Fase Larva
(6 hari)

Ketika larva menetas dari telur, selama 3 hari larva tersebut diberikan royal jelly yang diproduksi dari kelenjar yang terdapat di kepala lebah perawat.
Fase Pupa
(12 hari)

Sel-sel setiap larva tersebut kemudian ditutup dengan lilin selama 12 hari. Setelah 21 hari, lebah pekerja dewasa akan menetas.

Ratu Lebah [ Queen Bee ]


Ratu lebah mempunyai tubuh yang lebih besar dan berat 2,8 kali berat lebah pekerja. Setiap koloni lebah hanya ada satu Ratu Lebah jika di dalam satu koloni ada dua ratu lebah maka keduanya akan saling membunuh untuk mendapatkan kedudukan sebagia ratu lebah.

Ratu lebah bertugas memimpin dan menjaga keharmonis lebah dalam satu koloni. Semua lebah dalam satu koloni akan sangat mentaati ratu lebah, kemanapun ratu lebah pergi maka satu koloni lebah akan mengikutinya. Selain memimpin koloni lebah, ratu lebah mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan kelangsungan hidup koloni lebah yaitu dengan cara bertelur sepanjang hidupnya. Ratu lebah sanggup bertelur 1500-2000 butir setip harinya.

Ratu lebah mempunyai umur yang lebih lama dibandingkan dengan lebah pekerja. Lebah pekerja berumur sekitar 40 hari tetapi ratu lebah sanggup hidup hingga 3-5 tahun atau sekitar 30x lebih lama dari lebah pekerja.

Rahasia ratu lebah berumur lebih lama adalah disebabkan ratu lebah mengkonsumsi Royal Jelly sepanjang hidupnya. Sedangkan lebah pekerja hanya mengkonsumsi royal jelly selama 3 hari pada saat menjadi larva.

Ratu LebahLebah Pekerja
Mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya.Mengonsumsi royal jelly hanya pada 3 hari pertama dalam fase larva.
Hidup 40 kali lebih lama diban-dingkan lebah pekerja, kira-kira 4 hingga 6 tahun.Hanya hidup untuk beberapa minggu, rata-rata sampai dengan 50 hari.
Tumbuh 40% lebih besar dibandingkan lebah pekerja.Memiliki tubuh lebih kecil dari ratu lebah.
Bertelur (ribuan) setiap hari.Tidak berproduksi/mandul.
Aktif secara seksual.Tidak aktif secara seksual.
Membutuhkan 16 hari untuk berkembang.Membutuhkan 21 hari untuk berkembang.

Lebah Pekerja

Lebah pekerja biasa disebut juga sebagai lebah betina, lebah inilah yang memiliki tanggung jawab pekerjaan sepanjang hidupnya.

Ukuran tubuh lebah pekerja lebih kecil daripada lebah ratu dan lebah jantan. Bentuk tubuhnya ramping warnanya hitam kecoklatan dan ekornya mempunyai sengat yang lurus dan berduri. Dengan sengatnya lebah pekerja melindungi sarangnya dan menyerang siapapun yang menggangu.

Lebah pekerja mempunyai tanggung jawab pekerjaan yang berbeda-beda seuai dengan umur lebah pekerja tersebut. Sesaat setelah keluar dari kepompong larva lebah pekerja langsung mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan sarang lebah dari kotoran-kotoran, ketika berumur 3-10 hari lebah pekerja ini menghasilkan Royal Jelly yang sangat dibutuhkan larva lebah dan ratu lebah.

Royal jelly dihasilkan Lebah muda setelah lebah tersebut mengkomsumsi madu dan bee pollen. Royal jelly di hasilkan dari kelenjar lebah yang berada di sekitar leher lebah tersebut.

Lebah muda ini kemudian bertugas memberi makan larva dan ratu lebah. Perlu diketahui Ratu Lebah mengkonsumsi Royal jelly sepanjang hidupnya.

Setelah lebah pekerja berusia sekitar 3 minggu, lebah mempunyai tugas baru diluar sarangnya yaitu bertugas mencari nectar bunga yang akan diolah menjadi madu dan tepung sari bunga yang diolah menjadi bee pollen.

Lebah terbang mencari pollen dan madu dengan menghinggapi beribu-ribu bunga yang sedang merekah. Lebah menghisap setetes nectar dengan alat hisapnya dan menyimpannya ke dalam kantong madu yang ada di dalam tubuhnya.

Untuk memperoleh sekitar 375 gr madu, maka lebah harus mondar mandir sebanyak 75.000 kali untuk mengambil nectar. Untuk jumlah madu yang dikumpulkan sebanyak itu lebah pekerja menempuh jarak terbang yang setara dengan 4-6 kali keliling bumi. Bayangkan betapa sibuknya sebuah koloni lebah. Lebah madu bisanya mencari nectar yang berjarak sekitar 3 km dari sarangnya.

Lebah Perawat [ Nurse Bee ]

Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.

Lebah Pencari [ Scouts Bees ]

Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.

Lebah Pengumpul [ Collector Bees ]

Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang. Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan, untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama.

Nektar yang terkumpul kemudian disimpan dalam sel madu yang terbuka. Sel-sel ini akan tetap terbuka hingga nektar menguap dan terbentuk cairan madu yang kental dan matang.

Lebah Jantan [ Drones ]

Lebah jantan mempunyai sifat fisik yang lebih kecil dari ratu lebah tetapi lebih besar dari lebah pekerja. Ciri yang menonjol adalah matanya yang besar. Mata itu terdiri dari faset yang lebih banyak dari pada faset pada mata lebah pekerja dan ratu lebah.

Lebah jantan tidak mempunyai pipa penghisap madu dan juga tidak mempunyai kantong pollen dikakinya. Sehingga lebah jantan tidak bertugas mengumpulkan pollen atau madu, lebah jantan hanya membersihkan sarang, menjaga sarang dan tugas ringan lainnya. Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini Ratu Lebah.

Lebah pejantan adalah satu-satunya lebah jantan yang terdapat di sarang lebah dan hanya bertugas untuk membuahi sang ratu lebah. Enam belas hari setelah ratu lebah yang baru terlahir, ia terbang ke tempat lebah jantan yang telah menunggu kedatangannya. Setelah membuahi sang ratu, lebah jantan ini kemudian mati.
dari:
http://maduqueenbee.com/artikel/mengenal-lebah-madu-koloninya

Pemberian Obat Cacing bagi Siswa

 Pemberian Obat Cacing bagi Siswa

Program pemberian obat cacing bagi siswa merupakan program rutin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dengan melalui Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Pemberian obat cacing ini di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Juni 2022.


Pemberian obat cacing

Pemberian obat cacing

Pemberian obat cacing

Pemberian obat cacing




12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud

  Penulis Albertus Adit | Editor Albertus Adit

 

KOMPAS.com - Sedikitnya ada 12 platform pembelajaran daring atau online yang siap diakses oleh siswa di seluruh Indonesia. Hal ini demi membantu siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh terkait kebijakan pemerintah karena penyebaran virus corona. Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bekerjasama berbagai platform yakni menyediakan aplikasi pembelajaran daring. Baca juga: Perhatikan 10 Hal Ini Agar Pembelajaran Daring Efektif Melansir laman resmi Kemendikbud RI, berikut ini ada 12 platform atau aplikasi yang bisa diakses siswa untuk belajar di rumah. Aplikasi ini sebagai bentuk bersama hadapi corona.

 

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi. Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. https://belajar.kemdikbud.go.id/

 

2. Meja Kita

Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari SD-SMA yang gratis dan cukup lengkap, serta ribuan catatan yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia. MejaKita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk tetap dapat berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya. https://mejakita.com/

 

3. Icando ICANDO

merupakan aplikasi pendidikan anak yang memiliki program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD. Unduh dan mainkan ICANDO sekarang (bit.ly/appicando).

 

4. IndonesiaX

IndonesiaX telah berpengalaman dalam mendukung penyediaan akses belajar bagi masyarakat melalui kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX berkomitmen meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyediaan kursus daring gratis untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan pendidikan di negeri ini.

 

5. Google for Education

Untuk mendukung belajar daring terutama yang diterapkan oleh berbagai daerah pada isu pandemi Covid-19, Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite yang memungkinkan pembelajaran virtual walaupun dengan konektivitas internet yang rendah. https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

 

6. Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan salah satu penyedia sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik. Baca juga: Begini Metode Pembelajaran Jarak Jauh Disdik DKI Jakarta Dengan menghadirkan personalisasi dashboard untuk Siswa, Guru, dan Orangtua, Kelas Pintar berisi materi kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif. Kelas Pintar telah hadir di Singapura, UAE, India dan Afrika Selatan. https://www.kelaspintar.id/

 

7. Microsoft Office 365

Microsoft menyediakan layanan Office 365 yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis dan bukan versi percobaan. Office 365 dapat diakses dan diperbarui secara realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams, serta fitur ruang kelas lainnya. Guru dan siswa hanya perlu menyiapkan alamat email dengan domain sekolah. https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office 8. Quipper School Quipper School menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar. Platform ini mudah mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah yang lebih efektif. Sehingga, guru dapat mengenali kekuatan dan kelemahan siswa lebih mudah. https://www.quipper.com/id/school/teachers/

 

9. Ruangguru

Ruangguru merupakan layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru menyediakan Sekolah Online Gratis selama masa pandemi covid-19. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama 1 bulan ke depan di aplikasi Ruangguru. https://sekolahonline.ruangguru.com/

 

10. Sekolahmu

Pada program Belajar Tanpa Batas, Sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan. SekolahMu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak di berbagi usia dan jenjang. SekolahMu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan. https://www.sekolah.mu/belajar-tanpa-batas/

 

11. Zenius

Zenius memiliki program Belajar Mandiri di Rumah #BisaBareng dengan menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi. Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Konten-konten yang disediakan pada program ini dapat diakses secara gratis. https://www.zenius.net/belajar-mandiri/

 

12. Cisco Webex

Guru akan mengajar seperti biasa melalui Video termasuk berbagi konten presentasi dan berinteraksi dengan papan tulis digital melalui layar komputer/smartphone. Baca juga: 8 Link Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah Selain itu, Cisco Webex juga menyediakan ruang kelas digital berbasis messaging, sehingga guru dan murid dapat tetap berdiskusi dan berbagi materi melalui fitur group chat di Cisco Webex Teams yang kami sediakan. https://cart.webex.com/sign-up?utm_medium=OwnedContent&utm_campaign=APJC_ID_RemoteWork


Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!", Klik untuk baca: https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all.
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit

Download aplikasi 
Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: 
https://bit.ly/3g85pkA
iOS: 
https://apple.co/3hXWJ0L

Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022

Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022


Paduan suara dan pembacaan puisi oleh siswa-siswi kelas VI 

Kedungwungu. Senin, 20 Juni 2022 UPT SD Negeri Kedungwungu 01 nampak meriah dan semarak oleh kegiatan Pelepasan dan Perpisahan Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022. Dalam kegiatan tersebut walaupun dilaksanakan dengan sederhana namun tak mengurangi akan kemeriahan dan suasana yang menggembirakan. Seluruh warga sekolah nampak antusias dan semangat dalam mengikuti acara mulai awal hingga akhir.

Pembacaan ayat suci al-Qur'an oleh siswa

Ibu Ketua Korwil Pendidikan Binangun menyampaikan sambutan

 

Tayangan Video Perpisahan

Hadir dalam acara pelepasan siswa kelas VI tahun ini Ibu Mesini, S.Pd, M.Pd. selaku ketua Korwil Pendidikan Binangun, Bapak Miftahudin, S.PdI, M.PdI, komite sekolah dan wakil paguyuban kelas 1 hingga kelas 6.

Selain pelepasan siswa siswi kelas VI dalam kegiatan tersebut juga diagendakan Launching dan Peresmian Website Resmi UPT SD Negeri Kedungwungu 01, yaitu www.sdnkedunhwungu01.sch.id.

Data Siswa UPT SD Negeri Kedungwungu 01

Data Siswa UPT SD Negeri Kedungwungu 01 Tahun Ajaran 2021/2022




Data Siswa UPT SD Negeri Kedungwungu 01 bisa diakses di link berikut ini:


Gladi Bersih Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI 2021-2022

Gladi Bersih Pelepasan Siswa Siswi Kelas VI 2021-2022




Kedungwungu. Sabtu, 18 Juni 2021 sejak pagi hari siswa-siswi UPT SD Negeri Kedungwungu 01 khususnya siswa-siswi kelas VI nampak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan untuk acara pelepasan siswa siswi kelas VI yang akan dilaksanakan besok Senin, 20 Juni 2022.



Sebagian siswa sibuk berlatih dan sebagian lainnya sibuk membantu mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan besok Senin ini 

Sebenarnya persiapan ini sudah jauh-jauh hari dilaksanakan, selama satu mingguan ini mereka sibuk latihan paduan suara, qiroah, membaca puisi, dan lain sebagainya.



Rapat Koordinasi Korwil Pendidikan Binangun, Kepala Sekolah, Wakil dari Polsek Binangun dan Wakil dari Kecamatan Binangun tentang Kegiatan Gebyar Drumband 2022

Rapat Koordinasi Korwil Pendidikan Binangun, Kepala Sekolah, Wakil dari Polsek Binangun dan Wakil dari Kecamatan Binangun tentang Kegiatan Gebyar Drumband 2022




Binangun. Jum'at, 17 Mei 2022 bertempat di kantor Korwil Pendidikan Binangun dilaksanakan Rapat Koordinasi Korwil Pendidikan Binangun, Kepala Sekolah, Wakil dari Polsek Binangun dan Wakil dari Kecamatan Binangun serta panitia pelaksana gebyar Drumband 2022 tentang rencana pelaksanaan Kegiatan Gebyar Drumband 2022.




Dalam rapat tersebut dibahas tentang rencana kegiatan gebyar Drumband 2022 yang sedianya dilaksanakan pada besok Senin, 20 Juni 2022 namun diundur hingga disetujui oleh Satgas Pemberantasan Covid19.


Mengingat masih dalam suasana pandemi dan masih berlakunya PPKM di Pulau Jawa khususnya, maka kegiatan gebyar Drumband akan dikaji dan dipertimbangkan lebih lanjut pelaksanaannya.


Dalam rapat ini masih bersifat koordinasi dan masih membahas tentang kemungkinan tetap dilaksanakan atau akan ditunda. Dan dalam rapat ini disepakati bahwa kegiatan Gebyar Drumband akan dibahas bersama Bapak Camat Binangun dan Tim Satgas Pemberantasan Covid19.


Video Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur'an di UPT SD Negeri Kedungwungu 01


Video Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur'an di UPT SD Negeri Kedungwungu 01



Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah

Untuk melahirkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Masa Esa, di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 diselenggarakan kegiatan keagamaan berupa esktrakurikuler madrasah diniiyah. Kegiatan ekstrakurikuler ini diselenggarakan include dalam jam pembelajaran sekolah. Kegiatan madrasah diniyah ini diselanggarakan selama 70 menit setiap hari mulai dari hari Senin s/d Kamis.





Rapat Penentuan Kelulusan Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022

Rapat Penentuan Kelulusan Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022



Kedungwungu, Senin tanggal 13 Juni 2022 bertempat di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 diadakan kegiatan rapat untuk menentukan kelulusan siswa kelas VI Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil keputusan dari rapat Penentuan Kelulusan Kelas VI ini akan diumumkan kepada seluruh orang tua/wali murid dan murid UPT SD Negeri Kedungwungu 01 melalui website resmi sekolah.


Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Kedungwungu 01 memimpin rapat Penentuan Kelulusan Kelas VI

Rapat Penentuan Kelulusan Kelas VI



Berdasarkan juknis penentuan dan pengumuman kelulusan siswa SD, pengumuman kelulusan disampaikan secara serentak di seluruh sekolah se kabupaten Blitar.

Aplikasi Raport Kurikulum Darurat Balitbang

 


Beikut link aplikasi raport kurikulum darurat

UNDUH

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MODUL KURIKULUM DARURAT BALITBANG

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MODUL KURIKULUM DARURAT BALITBANG

LITERASI & NUMERASI




Unduh Lampiran Kompetensi Inti & kompetensi dasar Berdasarkan Jenjang Dibawah ini.


MODUL KURIKULUM DARURAT BALITBANG

MODUL KURIKULUM DARURAT BALITBANG

LITERASI & NUMERASI




Apa tujuan dari pembuatan modul ini?

Modul ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di jenjang SD dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau kondisi khusus lainnya. Modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus. Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada Kompetensi dasar dalam Penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran.

Siapa yang membuat modul ini?

Rangkaian modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak.

Unduh Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang SD Pada Link Di Bawah ini!



Pengumuman Kelulusan Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022

Pengumuman Kelulusan Kelas VI Tahun Ajaran 2021-2022

Simak tayangan video berikut ini untuk melihat hasil pengumuman kelulusan kelas VI


Video baru bisa di buka setelah tanggal 15 Juni 2022 pukul: 12.00WIB



PAT (Penilaian Akhir Tahun) Tahun Ajaran 2021-2022

 PAT (Penilaian Akhir Tahun) Semester 2 Tahun Ajaran 2021-2022  di UPT SD Negeri Kedungwungu 01



Kedungwungu, Senin hingga Jum'at tanggal 13 s/d 17 Juni 2022 Korwil Pendidikan Kec. Binangun Kab. Blitar menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Ajaran 2021-2022. Ada yang berbeda dengan ujian kenaikan kelas kali ini, ujian sekolah dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) untuk kelas IV s/d kelas V sedangkan untuk kelas I s/d III dilaksanakan seecara luring (luar jaringan).




Kegiatan PAT di UPT SD Negeri Kedungwungu 01 berlangsung dengan aman dan lancar walaupun ada sedikit kendala seperti akun email siswa sulit untuk login di google, password email siswa lupa dan ada beberapa siswa tidak memiliki smartphone. Namun, kendala dan masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.



Kegiatan PAT secara online atau daring tersebut ditujukan untuk mempercepat digitalisasi pembelajaran di sekolah, dengan digitalisasi sekolah diharapkan semua pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa melek IT, dan terampil dalam mengoperasikan perangkan-perangkat digital.






Seleksi Siswa Berprestasi Korwil Pendidikan Binangun Tahun 2022

Seleksi Siswa Berprestasi Korwil Pendidikan Binangun Tahun 2022



Binangun. Jumat, 10 Juni 2021 bertempat di UPT SD Negeri Sumberkembar 01 Korwil Pendidikan Binangun mengadakan lomba seleksi siswa berprestasi untuk menjaring calon wakil Korwil Pendidikan Binangun untuk mewakili lomba siswa berprestasi di tingkat kabupaten.


Lomba seleksi siswa berprestasi tingkat kecamatan Binangun ini dibuka langsung oleh Ketua Korwil Pendidikan Binangun yaitu Ibu Mesini, S.Pd, M.Pd.



Diikuti oleh seluruh peserta wakil dari SD se kecamatan Binangun Siswa siswa wakil dari sekolah masing-masing berlomba dan berkompetisi untuk berusaha meraih kejuaraan. 


UPT SD Negeri Kedungwungu 01 di wakili oleh 2 siswa, satu siswa putra dan satu siswa putri. Besar harapan sekolah kami untuk bisa memperoleh prestasi yang membanggakan sehingga bisa mewakili Korwil Pendidikan Binangun untuk lomba di tingkat kabupaten Blitar.